Get This!Tutorial Blogger
Selamat Datang di Blog SoGhela | Jika ada masalah Link Rusak silahkan Laporkan Klik Disini atau ke Email : alvian@soghela.zz.mu | TERIMA KASIH

Bahaya Menatap Monitor Komputer Terlalu Lama


Pernah menghabiskan waktu lebih dari dua jam berturut-turut bekerja di depan layar komputer? Komputer memang dapat membuat kita bekerja lebih produktif, tetapi ada berita buruk bagi para pengguna komputer karena, terlalu lama berada di depan layar komputer bisa menyebabkan terjadinya computer vision syndrome(CVS).Sindrom ini bisa menyebabkan mata lelah dan tegang karena seharian memandangi layar komputer. Dan perlu diketahui,CVS mempengaruhi sekitar 64% sampai 90% dari pekerja kantor.

Seperti diberitakan time.com, Jumat 14 September 2012, kondisi ini kemungkinan besar tidak menyebabkan kerusakan mata permanen. Tetapi, dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna komputer. Gejala yang paling umum dari CVS termasuk ketegangan mata, kemerahan, iritasi atau kekeringan, perasaan terbakar di mata, penglihatan kabur atau penglihatan gsobat hingga sakit kepala dan leher serta bahu terasa nyeri.


Beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan CVS, termasuk masalah penglihatan yang terlalu fokus pada satu psobatngan, mata kering, terlalu lama memsobatngi layar komputer, pencahayaan yang buruk, postur tubuh yang buruk dan bahkan sudut monitor yang tak tepat.

Faktor lain yang kemungkinan besar bisa menimbulkan CVS bisa karena penggunaan kacamata dan lensa kontak. Dan, hampir 71 persen dari orang-orang melaporkan gejala CVS terjadi karena memakai kacamata atau lensa kontak dengan resep yang salah.

Namun, jika memang sobat merasa layar komputer membuat mata terasa sakit dan lelah, berikut beberapa panduan untuk membantu meringankan gejalanya:

1. Periksa kesehatan mata secara teratur
Jika memang sobat merupakan penderita mata minus atau plus, pastikan kacamata atau kontak lensa yang sobat gunakan benar-benar nyaman dipakai. Minta resep sesuai dengan kondisi kesehatan mata, sehingga saat sobat menggunakan komputer sobat bisa merasa nyaman berada di depan layar.

2. Reposisi komputer
Layar harus diposisikan tepat di depan wajah sobat, bukan di samping. Posisikan monitor sehingga pusatnya adalah 4 sampai 8 inci bawah mata sobat, yang memungkinkan leher bisa bersantai.

3. Ikuti pedoman untuk postur yang baik
Ini akan mengurangi ketegangan pada leher, punggung dan bahu.

4. Mengurangi silau
Instalasi filter anti-silau pada monitor bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. sobat juga bisa menyesuaikan nuansa jendela dan mengubah kontras layar dan kecerahan dapat membantu mengurangi silau dan pantulan.

5. Siapkan obat tetes mata
Obat tetes mata bisa mencegah mata kering. Jika itu tidak berhasil, pertimbangkan untuk menggunakan tetes mata pelumas.

6. Istirahat
Jangan terlalu lama berada di depan layar komputer. Sesekali lakukan gerakan ringan yang bisa mengalihkan psobatngan dari layar. Bisa berdiri sejenak, meregangkan atau hanya melihat ke kejauhan, jauh dari komputer, setiap 15 menit atau lebih untuk memberikan mata istirahat.

7. Bersihkan monitor secara teratur
Debu dapat mengurangi ketajaman layar, membuat mata bekerja lebih keras. Untuk itu, cobalah rutin membersihkan monitor.


Semoga Bermanfaat,!!!

No comments:

Post a Comment

Para pengurus Blog SOGHELA Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.
Terima Kasih